Chocolate Baklava

Bookmark and Share
Chocolate Baklava

Keinginan membuat baklava ini timbul karena lihat  kacang pistachio, sisa perjuangan saat orderan lebaran tempo hari. Tapi lama sekali menunda saat eksekusi nya, karena selalu saja tidak sempat membeli filo pastry. Jauh bow, di Kelapa gading aja nggak ada. Mesti ke Kemang, SCBD atau Grand Indonesia. Aiih, susah mbayangin macet dimana- mana ini.

Kenapa harus filo pastry? Karena baklava mempunyai tektur gigit yang kemeripik, kriuk kriuk. Kalau kita pakai pastry siap pakai lainnya, hasilnya tidak serenyah filo pastry.

Baklava sendiri adalah makanan ringan yang konon katanya berasal dari Turki. Di salah satu liputan kuliner saluran tv kabel , pernah dituturkan bahwa sebagian koki di Turki masih menggunakan cara tradisional demi mendapatkan lapisan filo yang tipisnya hampir mengalahkan kertas tisue ini. Baklava identik dengan kacang dan rasa manis lengket yang berasal dari gula dan madu.

Baklava

Baklava yang aku buat ini menggunakan resep dari teman foodblogger Ienas Tsuroiya yang terdapat di multiply beliau. Lewat jualan online, Baklava Ienas ini sudah banyak dipesan oleh masyarakat luas.

Chocolate Baklava
by Ienas Tsuroiya

Ingredients:
1 pak fillo (phyllo dough)
1/2 cup madu
1/2 cup gula pasir 
3/4 cup air
1 sdt parutan kulit jeruk (orange)* ---- aku pakai lemon, karena stock yang ada di rumah saja
1 cup mentega tawar
2 cup kenari ---- aku ganti kacang mete
1 cup unsalted pistachio (kupas dulu lah yaw)
2 cup semisweet choco-chip
1/3 cup brown sugar ---- aku pakai Palm sugar yang ada di rumah saja
1 sdt kayumanis bubuk



Directions:
1. Dalam panci sedang, masak madu, gula dan air hingga mendidih. Kecilkan apinya, masak terus hingga berkurang dan menjadi sedikit kental (kira-kira 10 menit). Jangan lupa diaduk terus supaya nggak meluap.
2. Setelah matang, masukkan parutan kulit jeruk, aduk rata. sisihkan.
3. Lelehkan mentega tawar dengan api kecil. Buang busanya. Sisihkan.
4. Masukkan kacang mete, pistachio, choco-chip, palm sugar dan kayumanis bubuk ke dalam food processor. Haluskan sesuai selera. 
5. Letakkan lembaran2 fillo di atas permukaan yang kering dan rata, tutupi dengan kain bersih lembab (supaya tidak mengering).
6. Ambil selembar fillo, letakkan di dasar loyang, semir dengan mentega cair. Ulangi sampai kira-kira 1/3 dari seluruh phillo (biasanya tiap kotak berisi 20 lembar). Jangan lupa mengoles mentega cair tiap menambah satu lembar fillo.
6. Taburkan separuh campuran kacang-coklat di atasnya. Ratakan
7. Olesi kedua sisi lembaran fillo berikutnya dengan mentega cair, tumpuk di atas campuran kacang -coklat.
8. Ulangi menumpuk dengan 1/3 bagian berikutnya. Jangan lupa olesi dengan mentega cair tiap lembarannya. Taburi lagi dengan sisa kacang-coklat
9. Olesi kedua sisi fillo berikutnya dengan mentega cair, tumpuk di atas kacang-coklat. Teruskan hingga habis. Jika ada sisa mentega cair, siramkan di atasnya.
10. Simpan loyang di dalam kulkas selama 30 menit (atau freezer 15 menit), untuk memudahkan memotong-motongnya=>optional
11. Potong-potong sesuai selera
12. Panggang dalam oven dengan suhu 350 F (180 C) selama 40-45 menit sampai kuning keemasan. Segera tuangkan sirup madu ke atasnya.
13. Biarkan selama beberapa jam hingga dingin dan sirup terserap merata. 
14. Hidangkan.

baklava  Honey on top

Saat kita menghaluskan kacang, halus atau kasarnya tergantung selera kita masing - masing. Termasuk juga untuk jumlah gula yang akan dipakai. Jika tidak suka yang terlalu manis, bisa dikurangi jumlah gula nya. Silahkan mencoba ya. Dijamin enaaaaaak....

Chocolate Baklava



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar